Sabtu, 06 Juni 2009

Gugatan Cerai

Definisi "gugatan cerai" dalam proses berperkara cerai di pengadilan adalah surat/berkas yang dibuat oleh penggugat (pihak yang mengajukan gugatan cerai) untuk mengajukan tuntutan status cerainya di pengadilan.
Pada proses perceraian di Pengadilan Agama dapat dibedakan antara "gugatan cerai" dengan "gugatan cerai talak", penjelasan sebagai berikut:
  • Gugatan cerai ialah surat gugatan yang diajukan/didaftarkan oleh seorang istri terhadap suaminya untuk menuntut status cerai di Pengadilan Agama;
  • Gugatan cerai talak ialah gugatan yang diajukan/didaftarkan oleh seorang suami terhadap istrinya untuk menuntut status cerai di Pengadilan Agama.
Pada hukumnya, jika gugatan cerai yang diajukan oleh seorang istri (di Pengadilan Agama) maka ia akan hilang haknya mendapatkan nafkah idah dan mutah, jika perceraiannya dikabulkan hakim.
Dan, jika yang mengajukan cerai (gugatan cerai talak) adalah si suami maka si istri berhak mendapatkan nafkah idah dan mutah, jika perceraiannya dikabulkan hakim.

Mengenai isi tunttutan yang bisa diajukan dalam gugatan cerai (penggugat=istri) ialah:
  1. Tuntutan status/tuntuttan cerai;
  2. Tuntutan hak asuh/pemeliharaan anak;
  3. Tuntutan nafkah untuk pemeliharaan anak; dan
  4. Tuntutan harta bersama.

11 komentar:

  1. Assalamualikum Pak
    Saya ingin bertanya...saya seorang suami yang di hianati istri saya sampai ke perZinahan dan dia telah mengakuinya melakukan perZinahan itu sudah 7X, dan saya ada bukti berupa SMS, kemudian orang tuanya malah membela dan melindungi istri saya..sampai2 orang tuanya menyuruh ke saya untuk menceraikan istri saya...dan orang tuanya juga menutupi Aib anaknya dengan mempersalahkan saya dengan alasan2 yang tidak rasional

    saya sudah tida menyukainya, pertengkaran sering terjadi pasca Perzinahan istri saya terungkap
    saya menanyakan ke istri saya dan katanya dia juga mau di ceraikan

    1. apakah saya berhak menceraikan istri saya ?
    2. bagaimana kalau istri saya dan saksi2nya suatu saat tidak akan menghadiri persidangan...apakah putusan hakim tetap jatuh (tetap cerai)
    3. kalau istri saya mau di ceraikan...apakah proses di PA akan lama ?

    terima kasih sebelumnya pak..

    BalasHapus
  2. sy suami islam ktp salatiga dulu nikah kristen di jepara. mslh ini sdh sy pendam lama krn kurang bukti,kmdn sy diamkan. tp semenjak istri sy mulai usaha salon,sikapnya lain skl.sll menomorsatukan salon yg dia kelola bersama temannya.(mgkn tepatnya didanai). awalnya sy tdk menyadari,tp sering sy hub (sms atao telp) pasti ngurus salon. jumat tgl 21 des 2012 malam sy sampe rumah jam 21.30 bersama anak sy tp istri sy blm di rumah. jam 22.30 sy telp tdk diangkat malah dimatikan pangilan sy kmdn sms klo ketiduran di salon. kmdn sy suruh plg krn anak sy (6 th) mencari. tp kmdn sy disuruh jemput ke salon krn motornya mlepek.(sy tdk curiga). kmdn paginya sabtu 22 des istri sy pergi ke salon dg anak sy bersama kakaknya yg dalam perjalanan plg jepara(biasanya setiap th plg jepara ketika liburan natal, th ini tdk plg dg alasan tdk pegang uang). sy trs ke warung sy utk membayar gaji karyawan. sy jemput anak sy di salon sy ajak ke warung. mlm hri anak saya sakit mata (mgkn belekan). mulai dr jam 7 mlm sy brusaha telp istri sy utk menanykan obat yg biasanya dipakai utk mngobati sakit mata anak saya,tp dari 4 no hp yg dia punya, cuma 1 yg aktif itupun tidak diangkat. kmdn sy sms sy marah2in knapa mati.( smape skrg sy nulis komen ini blm dibales sms sy). trs sy plg mencarikan obat tetes mata. jam 9 mlm istri sy plg, sy tdk liat istri sy mengecas hp(itu misal batre lemah) tp ttp bisa bbm-an dg bb yg dipasword(passwd hanya istri yg tau). hri minggunya pagi istri dan anak sy ke salon, sy kerja bakti di rmh. trs sy nyusul ke salon.anak sy blg klo abis prg ma temenya belanja pakai mbl temenya(yg mulai sy curigai klo dia yg mendanai salon tsb, dr jakarta sengja liburan ke salatiga utk liat salonnya tp tdk pernah dikenalkan sy). yg bener2 bikin sy jengkl ketika sy tanya kemana aja pergi hari jumat sabtu minggu,istri sy menjawab "masalah buwat loh?". ketika sy nanya knapa tdk aktif hapenya, dia jawab batre lemah(jd ribut ketika sy marah krn sampe rumah msh bisa bbm-an).trs sy ingin menanyakan apakah cerita diatas bs untuk alasan cerai, mengingat sy tdk punya bukti kuat bahwa istri sy selingkuh dan kami msh tinggal serumah.mohon pencerahanya.terima kasih.

    BalasHapus
  3. asalam mualaikum pak. saya mau bertanya. apakah tdak di persulit jika saya ingin menceraikan istri sya dengan alasan tidak mempunyai keturunan. selama 8tahun sya menikah. selain itu sya tdak ada alasan yang. lain. makasih

    BalasHapus
  4. Tidak dipersulit pak, katakan sj apadanya kpd hakim jika alsan cerainya dmikian.

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum wr.wb

    Saya seorang istri dan punya 3 orang anak. Pernikahan kami sdh 18 thn. Beberapa bulan yg lalu saya mengetahui bahwa suami telah berselingkuh. Suami sdh mengakui bahwa dia khilaf dan saya memaafkannya. Tp suami bukannya memperbaiki diri malah semakin menjadi2 sehingga wanita itu hamil dan suami bermaksud utk menikahinya walaupun saya tdk setuju karena saya tdk mau di madu.

    1. Apakah saya bisa menggugat cerai suami, bila saya meninggalkannya pergi ke luar daerah (alamat KTP tdk sesuai dgn daerah tinggal saya yg sekarang)
    2. Sms dan rec video apa bisa dijadikan bukti berhubung suami berselingkuh di luar kota dan agak sulit untk mendapat saksi karena suami terlalu pandai utk menutupi perselingkuhan dr teman2 kerjanya yg di luar kota.dan bagaimana untuk mendapatkan saksi apakah saya harus bercerita dan menunjukkan sms serta rec video agar org tsb bisa utk dijadikan saksi.
    3. Suami tidak mau menceraikan saya dengan alasan tidak bisa jauh dr anak2 dan msh sayang dan cinta sm saya. Tapi saya sudah tidak sanggup lagi utk meneruskan pernikahan ini karena saya sdh merasa dihianati dan saya tidak mau di madu. Apakah proses di PA akan lama?
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassallam

    Raeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Tetap bisa bu;
      2. Kehadiran saksi minimal 2 org dari pihak pgugat adalah wajib;
      3. Proses cerai di PA, tdk memerlukan prsetujuan dan ttd suami, agak lama bisa skitar 4-5 bln.

      Hapus
  6. Sy perlu info kembali bhwa pengadilan yg brwenang utk memerika prkara prceraian agama Islam adalah di PA sesuai wilayah domisili "saat ini" si istri.

    BalasHapus
  7. Assalamu’alaikum Pak Pengacara


    Saya seorang laki-laki berumur 27 tahun.
    Empat tahun (2010) lalu saya menikahi istri(islam) saya dengan mualaf karena posisi hamil diluar nikah. Setelah menikah secara islam, saya masuk lagi memeluk agama non-muslim. Dan selang berjalan empat tahun tersebut kami dikarunia 2 anak perempuan. Di awal tahun 2014 kemarin, istri saya mengajukan cerai di KUA dan alhasilpun kami resmi cerai dalam agama islam. Dan memeluk agama masing2. Istri saya sebagai muslim dan saya pada saat ini non muslim.
    Jika saya (non muslim) mengajukan rujukan kepada istri (muslim), apa yang harus saya lakukan jika saya kembali mualaf dengan niat dan secara bersungguh-sungguh?

    Terima kasih sebelumnya .

    BalasHapus
  8. Apakah bisa suami menggugat istri bisa mndapatkan hak asuh anak,karena sang istri tidak bisa memberikan moral yg baik untuk anak...

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Jika mnikah secara ag Islam maka di PA sesuai tmpatinggal saat ini si istri.
    [Twitter: @TanyaPerceraian]

    BalasHapus